Rumah Musik Tradisional Korea

Jumat, 29 April 2011

Yeongdong terletak di sebelah utara Provinsi Chungcheong, sekitar 5 jam perjalanan dari Seoul. Tempat ini selalu dipenuhi dengan suara aliran air sepanjang tahun karena Sungai Yang, cabang dari sungai Geum, selalu mengalir ke arah puncak gunung Sobaek. Yeongdong terkenal dengan sebutan Air Terjun Park Yeon karena setara dengan permainan seruling Park Yeon, dan tempat ini juga terkenal dengan nama Air Terjun Okgye. 

Park Yeon – sering dikenal dengan nama Nangye Park Yeon -- bernama pena Nangye, adalah Bapak Alat Musik Tradisional Korea yang selalu datang ke tempat ini untuk melepas penat dan memainkan piri, seruling tradisional Korea. Sebagai tempat pelestarian musik tradisional Korea, tempat ini tidak hanya memiliki fasilitas yang berhubungan dengan jenis musik , tetapi juga menjadi tempat bagi orkestra musik klasik Korea. Wilayah ini juga merupakan kampung halaman Nangye Park Yeon, salah satu dari tiga pemain musik handal Korea, Wang San-ak(왕산악) dari Goguryeo dan Ureuk dari wilayah Silla.

Di tempat ini, terdapat berbagai fasilitas seperti museum, tempat pembuatan alat musik, dan arena pertunjukan. Museum Musik Tradisional Nangye menampilkan karya-karya dan alat musik, buah karya Park Yeon, termasuk juga sejarah dan proses pembuatannya. Di Pusat Pembuatan Alat Musik Tradisional Nangye, kita dapat membuat alat-alat musik tradisional Korea yang terbagi menjadi alat musik petik dan pukul. Proses pembuatannya dapat diikuti mulai dari mengukir kayu, memasang senar sampai melukis. Selain membuat, kita juga dapat mengikuti kelas untuk belajar memainkan alat musik tradisional itu. Di arena pertunjukan, Aula Musik Tradisional Nangye, kita dapat melihat pertunjukan alat musik tradisional. Terdapat 500 kursi dan lebih dari 70 penampilan musik klasik tradisional yang dapat kita nikmati di arena ini setiap tahunnya.

Dengan mengikuti semua kegiatan di tempat ini, mulai dari pembuatan sampai memainkan alat musik tradisional, kita dapat menghayati jejak langkah dan kehidupan musik Nangye Park Yeon. Bersama dengan hangatnya semilir angin musim semi yang mulai berhembus kali ini, kita dapat menikmati indahnya alunan musik klasik Korea yang berpadu dalam jalinan kehidupan sehari-hari masyarakat Yeongdong yang harmonis.





Yeongdong Ice Park









sr : KBS World

0 komentar:

Posting Komentar